• My
    Facebook
  • Tutorial Installasi Joomla! | Ratna Dewi Gumilang

    Senin, 18 Februari 2013

    Tutorial Installasi Joomla!


    Perangkat yang saya butuhkan adalah :
    1.      Jomlaa versi 2.5.8
    2.      Xampp versi 1.8.1
    Langkah Installasi Jomlaa :
    1.      Install Xampp, lalu buat folder unutk menyimpan data-data yang akan kita buat, contohnya saya membuat folder “RatnaDewi” *tanpa tanda kutip*  lalu jadi seperti (C:/Xampp/htdocs/RatnaDewi)
    Note : Membuat folder tanpa spasi!
    -->
    L
    -->
    Lalu extract file ke folder yang sudah di buat tadi localhost/RatnaDewi (tanpa tanda kutip) lalu anda akan di alihkan seperti dibawah :


    -->
    2.   Step yang pertama adalah memilih Bahasa yang nanti akan digunakan, lalu klik next
    --> Step yang kedua adalah Licensi, Lalu klik next


    Step ketiga yaitu database. Di step ini anda di minta untuk memasukan hostname, username, password , dan nama database(saya isikan RatnaDewi), lalu klik next



    --> Step keempat adalah step FTP congfiguration, lalu klik next



    Step kelima, anda akan di minta untuk mengisi site name, email, password admin. setelah itu klik “install sample data” lalu klik next


    -->
    Step keenam, anda di minta untuk menghapus folder installation yang terdapat di folder RatnaDewi.


     


    Cara Mengganti tampilan Joomla!

    Cara untuk menggantinya , masuk ke administrator , pilih menus , pilih main menu.nanti akan muncul tampilan seperti ini.



    Pilih home , nanati muncul tampilan seperti ini




    Ganti titlenya menjadi beranda. Kemudian di save trus lihat hasilnya.untuk mengganti yang lainya , caranya sama seperti ini.

    Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang mengganti teks postingan.
    Masuk administrator , pilih content , pilih front page manager. Nanti akan muncul tampilan ini








    Saya ubah postingan Joomla! Community Portal , klik Joomla! Community Portal. Nanti muncul ini



    Silahkan anda ganti titlenya dan isi postingan yang anda inginkan. Jika sudah klik save trus lihat hasilnya dengan cara klik preview. Untuk mengganti atau mengubah postingan yang alin , caranya sama seperti yang di atas.

    Selanjutnya saya akan menambahkan template baru  pada web yang sedang kita buat.





    Masukan file master template baru ke dalam package file dengan cara klik browser. Jika anda sudah memasukannya , klik upload file dan install seperti pada tanda panah di atas. Jika proses install berhasil , nanti ada tulisan “Install Template Success”. Untuk mengeceknya apakah itu benar-benar berhasil , kita masuk ke extensions pilih template manager. Jika di situ ada nama template seperti nama file mater template baru  kita yang tadi barusan kita install berarrti berhasil. Untuk menggati tamplate web kita dengan template yang lainnya caranya klik template yang ingin dijadikan template web kita , tapi jangan mengeklik nama templatenya tapi klik sebelahnya template yang akan kita jadikan template di web kita. Seperti tanda kotak hitam di bawah ini


    Setelah memilih anda klik logo bintang seperti gambar di atas. Jika sudah silahkan lihat hasilnya dengan cara mengeklik preview.
    Tutorial selanjutnya adalah mengganti header web kita.


    Kita akan menggantinya dengan menggunakan photoshop , jadi anda yang belum mempunyai photoshop harap download kemudian di install. Sebelum kita mengganti header , kita harus tau ukuran dan format header yang akan kita ubah. Caranya masuk ke folder C:\xampp\htdocs\RatnaDewi\templates\(nama template yang sedang kita gunakan) \images . kita klik foto header kita trus kita diamkan kursor kita ke foto header yang kita akan ganti. Nanti akan muncul tampilan seperti yang sudah di tandai(kotak warna merah).


    Di foto header saya  tertera typenya jpeg , ukurannya 898x300. Langkah selanjutnya kita masuk ke photoshop ,  pilih new , nanti muncul tampilan seperti ini.


    Sesuiakan ukuran width dengan height dengan ukuran yang sudah tadi kita ketahui.
    saya isikian widht 898 dengan type ukurannya pixels dan height 300 type ukurannya pixels juga. Jika anda sudah mengisi sesui dengan ukuran header template  anda klik ok.
    kemudian klik open pada toolbar photoshop , pilih open. Kita pilih foto mana yang akan kita jadikan header baru kita. Jika sudah klik open.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Popular Posts

    Blogger news

    animasi  bergerak gif
    © Ratna Dewi Gumilang | Powered by Blogger | Happy Day Template designed by BlogSpot Design - Ngetik Dot Com