• My
    Facebook
  • Perawatan PC | Ratna Dewi Gumilang

    Senin, 25 Februari 2013

    Perawatan PC

    • Tips membersihkan layar monitor
        Siapkan kuas atau kain halus yang penting tidak berbahan seperti non-ultrasoft
        Usahakan agar mematikan layar monitor terlebih dahulu ketika mau membersihkan layar monitor, ini berfungsi nantinya kita akan bisa melihat layar bagian mana yang masih terlihat kotor.
        Bersihkan layar monitor dengan kain kering terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghilangkan debu-debu terlebih dahulu. Jangan membersihkan dengan menggunakan tekanan, cukup menyeka ringan saja.
        Setelah debu bersih, semprotkan zat cair khusus pembersih layar LCD monitor, Anda bisa membelinya di toko-toko komputer. Lakukan penyemprotan dengan jarak sekitar 20 cm, ini bertujuan agar hasil semprotan bisa merata sehingga cairan tidak menumpuk karena hal ini bisa mengakibatkan cairan menetes dan merembes ke frame monitor. Setelah di semprotkan lalu lap monitor secara perlahan dengan menggunakan kain halus semacam kain pembersih kaca mata.
        Pastikan semua cairan yang menetes ke bagian frame layar sudah Anda keringkan juga.


      Tips perawatan Mouse
      Untuk tips-tips dalam merawat mouse yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:
      1.Jangan meletakkan mouse pada tempat yang berdebu dan pastikan mouse pad selalu dalam keadaan bersih.
      2.selalu membersih kan mouse dengan rutin.
      3.Jangan terlalu sering membuka mouse karena komponen yang ada didalamnya rawan patah.
      Tips Perawatan Keyboard
      1. Bersihkan keyboard menggunakan kuas, karena keyboard sering terkena debu                                             dan kotoran yang terselip diantara tombol-tombol keyboard.
      2. Jika keyboard tidak terdeteksi oleh keyboard maka yang perlu dilakukan agar   keyboard tetap terjaga misalmya sebagai berikut :
      - Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah terhubung dengan baik.
      - Jika komputer dihidupkan lagi dan pesan kesalahan masih muncul kemungkinan pertama adalah keyboardnya rusak.
      - Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusa, jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak, tetapi bisa saja port keyboard di motherboard yang rusak.
      3. Untuk membersihkan keyboard dapat juga dengan menggunakan lap kering atau tisu basah untuk membersihkan kotoran cair. Dan untuk membersihkannya maka keyboard harys dibuka terlebih dahulu, membersihkannya harus sangat hati-hati karena sangat rawan dengan goresan dalam yang dapat mengakibatkan jalur putus. 
      Tips Perawatan Printer
      1. Menyalakan printer minimal 3 hari 1x 
      2. Jika hasil cetak kurang memuaskan atau bergaris sebaiknya cepat lakukan Clean, dan maximal 2x saja. bila hasilnya masih kurang baik lakukan Clean lagi namun jangan terlalu banyak. 
      3.  Pastikan printer bebas dari debu 
      4. Gunakan kain atau kertas bersih dan kering untuk membersihkan bagian penarik kertas, untuk bagian luar bisa menggunakan kain basah namun jangan terlalu basah juga. 
      5. Lakukan update driver untuk memperlancar kinerja printer. 
      6. Jangan memaksakan mencetak jika tinta printer sudah mulai habis atau tinggal sedikit, sebaiknya isi ulang saja dulu. 
      7. Tidak mencabut atau mengganti Cartridge jika tinta belum habis.
      Tips Perawatan Pada RAM
      1. Siapkan penghapus kertas dan kuas.
      2. Jangan lupa cabut kabel power dari STEKER,
      3. Pertama cabut RAM (DDR/SDR) di PC anda, Selanjutnya bersihkan benkRAM/tempat melekatnya RAM(memori) anda dengan kuas, untuk RAM yang tidak terbaca atau terbaca sebagian, siapkan penghapus pensil.
      4. Gosok bagian tembaga yang berwarna yang digunakan untuk menempelkan pada Motherboard sampai benar-benar tidak ada kotoran atau ada bekas karat. Setelah selesai tempelkan kembali RAM ke PC, lalu hidupkan PC anda.
      Tips Perawatan Motherboard
      1. Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
      2. Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
      3. Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
      4. Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).
      5. Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali 
      Tips Perawatan Pada Power Supply
      1.Gunakan Stabilizer, untuk menahan saat tegangan listri turun/mati, atau bisa juga dikarnakan arus listrik yang tiba tiba tinggi. Dengan kita menggunakan Stabilizer kita dapat menghindari hal hal tersebut karna fungsi Stabilizer disini adalah untuk menahan shock electricit.

      2. Menggunakan perangkat tambahan pada komputer yang menguras pasokan sumber listrik. Maksudnya adalah, memberikan beban baru terhadap tegangan listrik yang harus dihadirkan pada mesin komputasi.

      3. Membersihkan debu atau kotoran yang terdapat pada casing Power supply. Debu dan kotoran dapat menggangu sirkulasi tegangan listrik dan udara pada Power Supply, untuk membersihkan nya anda dapat menggunakan kuas atau sikat yang lembut .
      Tips Perawatan Pada CPU
      1.  Pakailah UPS ( Uninterruptible Power Supply ) atau Stabilizer / Stavolt. Kalau bisa kedua-duanya UPS berguna untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau tidak ada UPS gunakan lah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

      2.  Bersihkan Motherboard dan komponen lainnya secara berkala. Setidaknya 6 bulan sekali harus dibersihkan. Juga pada saat tidak digunakan tutuplah komputer dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke komputer.

      3.  Pasang kabel ground. Hal ini digunakan untuk menetralkan jika ada listrik nyasar di casing CPU agar casing CPU lebih awet.

      4.  Secara berkala bersihkan lah disk drive menggunakan disk cleaner atau sejenisnya.

      5.  Bersihkan Power Supply Unit karena jika kotor dapat membuat suhu komputer melonjak.
      6.  Jauhkan lah benda cair dari komputer karena bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik.

      7.  Jangan melepas atau mencabut perangkat dalam kondisi komputer sedang hidup, Karena dapat  mengakitbatkan kerusakan komponen karena adanya hubungan singkat di konektor.

      8.  Berilah Ventilasi yang cukup. Karena ventilasi yang kurang baik akan membuat komponen cepat panas. Usahakan ruang antara CPU dan dinding 30 cm.

      9.  Tutup / close program yg tidak digunakan karena setiap program yang di load membutuhkan RAM. Semakin banyak program yang digunakan jadinya komputer lelet dan memperpendek umur komputer.

      10. Gunakanlah antivirus dan update lah secara berkala karena virus membuat harddisk anda jadi cepat rusak.





    0 komentar:

    Posting Komentar

    Popular Posts

    Blogger news

    animasi  bergerak gif
    © Ratna Dewi Gumilang | Powered by Blogger | Happy Day Template designed by BlogSpot Design - Ngetik Dot Com